Posted in Tips Mobil

4 Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu Dilengkapi Gambar

Busi adalah salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang memiliki fungsi untuk memercikan api pada proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Dibutuhkan pemahaman untuk membedakan busi asli dan busi palsu sebagai langkah antisipasi di dalam mengatasi kecurangan sejumlah oknum yang memanfaatkan masyarakat yang tidak terlalu paham tentang komponen pengapian kendaraan ini.

Tentunya, tujuan dari pembuatan busi palsu adalah untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Sebab, dengan biaya produksi yang murah akan didapat keuntungan yang sangat tinggi disebabkan harga dari busi asli masih cukup tinggi.

Cara Membedakan Busi Asli Dan Busi Palsu

Supaya Anda memiliki kemampuan didalam membedakan busi asli dan palsu, pada artikel kali ini penulis akan mencoba membahasnya. Tujuannya supaya Anda ada tidak tertipu di dalam membeli busi kendaraan bermotor. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut uraiannya.

Pada busi asli, bagian ring atau gasket tidak mudah dilepas meskipun Anda coba putar mengikuti alur yang disediakan dan terlihat lebih halus. Meskipun mungkin saja dapat dilepaskan, maka hal tersebut sangatlah sulit. Sementara itu, bentuk gasket pada busi palsu rata-rata tidak rapi di bagian bekas potongannya serta cukup mudah untuk melepasnya.

Pada busi asli, di bagian elektroda yang memiliki kegunaan menyemburkan bunga api lebih rapi. Sementara itu, pada busi palsu, posisi partnya terlihat tidak presisi dan masing-masing busi kadangkala berbeda, entah karena sambungannya atau gapnya.

Bagian plating metal shell pada busi asli memakai bahan baja yang tidak mudah berkarat dan sangat kuat. Sementara itu, pada umumnya busi palsu cukup mudah berkarat, bahkan pada saat Anda baru saja membukanya dari kardus telah muncul bercak bercak karat yang menempel di bagian plating metal shell nya.

Sebagai isolator, busi menggunakan bahan keramik. Pada busi asli, warna keramik yang digunakan terlihat tidak cerah dan sedikit doft. Berbeda dengan busi palsu, warna keramik yang digunakan kelihatan terlalu cerah.

Pada busi asli, bagian drat atau ulir lebih halus dan rapi. Silakan anda perhatikan dengan teliti ketika sedang membeli busi. Apabila diperlukan, Anda bisa meminta penjual untuk mengambil busi dengan merek lain supaya Anda bisa lebih mudah didalam membandingkannya.

Kode pada masing-masing busi merupakan Letak perbedaan yang cukup mendasar antara busi asli dengan busi yang palsu. Kode pada masing-masing busi merupakan kode produksi untuk busi yang bersangkutan dan arti yang terkandung di dalamnya hanyalah diketahui oleh pihak produsen. Cetakan kode pada busi palsu secara umum terlihat tidak rapi dan acak-acakan.

Seorang technical support PT NGK busi Indonesia, yakni Suprianto mengatakan bahwa proses pembuatan dari busi asli merk NGK sangatlah diperhatikan. Pada busi NGK asli, di bagian bawah maupun bagian atas terdapat suatu komponen yang memiliki nama wire packing dan sheet packing yang memiliki fungsi supaya bagian dari kepala busi serta bagian yang lainnya kokoh dan tidak mudah goyang.

Fungsi lainnya yaitu menahan getaran mesin berlebih ketika dinyalakan dan juga bisa mencegah timbulnya kebocoran pada ruang bakar mesin. Secara umum, busi palsu tidak memiliki komponen tersebut sehingga kualitasnya dapat dianggap jelek.

Membedakan antara busi asli dan palsu secara tidak langsung memanglah cukup sulit. Namun, anda bisa mengerjakan sejumlah tes. Caranya adalah memakai busi selama beberapa jam, lalu dilepas. Berikutnya, silahkan Anda coba putar bagian kepala busi. Apabila ikut berputar, dimungkinkan busi NGK yang anda miliki palsu.

Jika Anda memakai busi palsu, sejumlah akibat yang mungkin saja timbul di antaranya:

  1. Pada umumnya, busi palsu cepat mati dan tidak awet sehingga Anda harus mengeluarkan uang berlebih,
  2. Pembakaran menggunakan busi palsu tidaklah sempurna sehingga penggunaan bahan bakar menjadi semakin boros karena anda harus menarik tuas gas lebih banyak,
  3. Pembakaran yang tidak sempurna juga mengakibatkan tenaga mesin yang dikeluarkan tidak maksimal.

Apabila anda memiliki kesulitan di dalam membeli busi asli, disarankan untuk membelinya langsung di tempat-tempat yang terpercaya, guna menghindari adanya busi palsu.

Dengan sejumlah pengetahuan untuk membedakan busi asli dan palsu anda sudah bisa memaksimalkan kinerja kendaraan anda, sebab pada penggunaan busi asli secara otomatis akan meningkatkan performa kendaraan anda lebih maksimal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.