Posted in Tips Mobil

6 Ciri Gejala dan Kerusakan Mobil Matic Dari Transmisi Hingga Tarikan

Supaya bisa nyaman berkendara menggunakan mobil matic, setiap driver memiliki kewajiban memahami ciri dan gejala awal kerusakan pada mobil matic. Kondisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar mobil matic anda selalu dalam kondisi prima pada saat dikendarai.

Mobil matic yang memiliki kemampuan komponen transmisi yang bisa berpindah secara otomatis adalah mobil yang cukup mudah untuk dikendarai, sebab sang driver tidak perlu lagi harus menginjak kopling. Kemudahan berkendara menggunakan mobil matic merupakan idaman bagi para wanita, sebab tidak terlalu direpotkan dengan proses perpindahan perseneleng.

Hanya saja, mobil matic mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan pada mobil matic inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk membahas mengenai beberapa ciri dan gejala ada awal yang merupakan indikator kerusakan pada mobil matic.

Harapan penulis, artikel ini Ini bisa memberikan manfaat kepada Anda supaya bisa secepatnya memperbaiki apabila terjadi permasalahan pada mobil matic anda. Sisi positifnya adalah kerusakan pada mobil anda menjadi tidak terlalu parah.

Pada dasarnya, anda tidak perlu berkunjung ke bengkel untuk mengecek kondisi kesehatan mobil matic anda. Pengecekan dan pemeriksaan bisa anda kerjakan sendiri guna mengambil kesimpulan apakah mobil matic kesayangan anda sedang mengalami kerusakan atau tidak. Pada umumnya, terdapat beberapa ciri dan gejala awal sebelum terjadinya kerusakan.

Cukup sederhana di dalam mengenali sejumlah gejala awal kerusakan yang terjadi pada mobil matic. Anda hanya perlu mengendarai mobil matic seperti biasa, kemudian mencoba merasakan apakah terdapat sesuatu yang janggal atau tidak. Misalnya, apakah terdengar suara-suara aneh yang berasal dari mesin, tenaga mesin yang berkurang atau munculnya hentakan secara tiba-tiba.

Ciri Dan Gejala Awal Kerusakan Pada Mobil Matic

Di bawah ini merupakan beberapa ciri serta gejala awal yang sering terjadi pada mobil matic dengan transmisi otomatis. Mari kita bahas.

Borosnya Penggunaan Bahan Bakar

Sepeda motor matic maupun mobil matic sangat umum disebut ” boros” di dalam penggunaan bahan bakar. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh torsi dari mesin mobil matic yang tidak bisa langsung ke roda. Akibatnya, dibutuhkan mesin yang berputar lebih cepat, sehingga mengakibatkan borosnya penggunaan bahan bakar.

Terdapat Hentakan Ketika Gigi Otomatis Berpindah

Secara umum, mobil matic keluaran terbaru memiliki ciri khas dari sisi perpindahan gigi yang terasa cukup halus. Walaupun kadang kala terasa sedikit hentakan, namun hal tersebut cukup lah wajar.

Hanya saja, apabila hentakan perpindahan gigi otomatis begitu terasa seperti ditabrak dari arah belakang, maka kondisi tersebut mengindikasikan ada sesuatu yang tidak beres. Letak kerusakan pada kondisi ini dapat terjadi pada bagian sistem elektronik maupun pada bagian mekanisme. Bisa jadi terdapat kebocoran di bagian selenoid pressure yang mengakibatkan minyak pelumas tidak bisa melumasi dengan sempurna pada saat perpindahan gigi di putaran tertentu.

Kadangkala Proses Perpindahan Gigi Tersendat

Apabila kondisi tersebut anda alami, dimungkinkan letak masalah ada di mechanical transmisi. Jika permasalahan tersebut Anda biarkan, maka dimungkinkan akan memperparah kerusakan dan bisa jadi menyebabkan gigi transmisi terkunci. Kondisi ini tentunya begitu berbahaya. Rata-rata, permasalahan ini ini terjadi di mode R atau transmisi mundur. Anda bisa mengecek apakah kondisi kabel gear box masih dalam kondisi baik atau sudah mengelupas.

Getaran Di Saat Dikendarai

Pada saat anda mencoba untuk mengendarai mobil matic dan merasa munculnya getaran yang tidak wajar yang berasal dari mesin, dimungkinkan bagian dari kampas kopling sudah mulai aus. Bahkan, kemungkinan terburuk yaitu kampas kopling sudah gosong.

Tarikan Mesin Kadangkala Tersendat Atau Terasa Berat

Pada umumnya, mesin suka menghentak sedikit atau bergetar pada saat bagian pedal gas diinjak dan bagian pedal rem sedikit demi sedikit dilepas. Jika terjadi seperti itu, dimungkinkan terdapat 2 kerusakan.

Kerusakan yang pertama pada mobil matic dengan transmisi matic jenis elektrik dimungkinkan terletak di bagian TCM speed sensor atau solenoid pressure.

Sementara itu kerusakan yang kedua yang menggunakan jenis transmisi otomatis konvensional rata-rata disebabkan oleh oli mesin yang yang lama tidak diganti, sudah kotor atau mengalami kebocoran yang menimbulkan tekanan tidak lagi mampu untuk mengangkat peralihan gigi di putaran mesin tertentu.

Di Saat Memindahkan Transmisi Terdengar Suara Aneh

Suara aneh bisa jadi muncul disaat anda memindah transmisi dari posisi P ke R atau bisa pula dari transmisi N ke D. Rata-rata suara yang terdengar adalah “Trek” atau “Krek” atau suara-suara aneh lainnya yang jarang sekali didengar.

Apabila mobil matic Anda mengalami kondisi tersebut, maka dimungkinkan kerusakan sedang terjadi di bagian sistem transmisi otomatis.

Kesimpulan

Jika mobil matic yang anda miliki mengalami beberapa kondisi di atas, disarankan untuk segera membawanya ke bengkel terdekat atau bengkel resmi supaya di lakukan analisa lebih jauh sekaligus langkah untuk mengatasinya.

Jangan menunggu kerusakan makin parah, sebab biaya untuk memperbaiki mobil matic dengan transmisi otomatis cukup mahal.

Beberapa tips sederhana di dalam perawatan mobil matic di antaranya adalah:

  1. Rutin service ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda
  2. Tidak berlebihan di dalam mengangkut beban
  3. Secara berkala mengganti oli

Dengan memahami sejumlah ciri dan gejala awal kerusakan pada mobil matic, anda bisa segera menganalisa sekaligus membawa ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda agar bisa dilakukan perbaikan secepatnya sehingga Anda bisa terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang jauh lebih mahal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.