Posted in Tips Mobil

Apa Saja Efek Gonta Ganti Merk Oli Mesin Kendaraan? Berikut Ini Penjelasannya

Kewajiban para pemilik kendaraan bermotor adalah mengganti oli mesin secara rutin dan berkala. Secara umum, mengganti oli mesin memiliki waktu yang beragam, tergantung dari daya tahan oli yang digunakan serta penggunaan kendaraan bermotor itu sendiri.

Mengapa harus mengganti oli mesin secara teratur dan berkala? Sebab, terdapat batas penggunaan oli yang mengalir di dalam mesin. Tidak selamanya kondisi oli tersebut dalam keadaan baik, sebab kondisi oli akan semakin kotor jika semakin lama digunakan. Terdapat sisa residu yang dihasilkan dari gesekan gear atau part di dalam mesin, pembakaran serta panas yang dihasilkan oleh mesin juga turut mempengaruhi kondisi molekul oli.

Oleh sebab itulah, masing-masing dari kita yang memiliki peran sebagai pemilik dari kendaraan bermotor harus melakukan penggantian oli secara rutin dan berkala. Manfaatnya adalah umur dari mesin kendaraan akan semakin panjang.

Membahas mengenai penggantian oli mesin, di masyarakat terdapat sejumlah mitos yang sangat umum. Salah satu mitos tersebut yaitu dilarang mengganti oli dengan merk yang berbeda. Alasannya juga cukup beragam, diantaranya adalah overheat atau cepat panas, bisa mengurangi tenaga mesin, mengurangi umur mesin serta merusak mesin. Bisa jadi, mitos tersebut memang benar. Hanya saja, perlu adanya peninjauan ulang mengenai teknik di dalam mengganti oli mesin tersebut.

Berbagai macam merk dan jenis oli terdapat di pasaran, mulai dari oli mineral, oli semi sintetik dan oli sintetik. Tingkat kekentalan oli juga cukup beragam, tergantung dari tipe dan jenis mesin kendaraan. Secara umum, pada kendaraan keluaran terbaru memakai oli yang memiliki kekentalan 10w-40.

Sebelum anda mengganti oli mesin, lebih baik memperhatikan terlebih dahulu oli apa yang sebelumnya dipakai dan jenis serta tipe oli yang akan digunakan. Sejumlah orang pernah curhat kepada penulis mengenai mesin kendaraannya yang bermasalah setelah mengganti oli dengan merk yang berbeda.

Efek Mengganti Oli Dengan Merk Yang Berbeda

Sebagai tambahan wawasan, berikut ini terdapat beberapa efek mengganti oli mesin dengan merk yang berbeda. Berikut ulasannya.

Menimbulkan Kerak Atau Endapan

Ada kekhawatiran senyawa atau bahan yang tercampur dari oli lama dengan oli baru dengan merek berbeda menimbulkan kerak. Kondisi ini tentu cukup berbahaya apabila menumpuk dalam waktu cukup lama. Efek jangka pendeknya adalah performa mesin akan mengalami penurunan.

Suhu Mesin Menjadi Panas

Kondisi yang sangat umum terjadi apabila anda mengganti oli dengan merk yang berbeda ada dari sebelumnya adalah suhu mesin menjadi lebih panas. Kondisi ini dikarenakan oli merek baru yang anda pakai mengandung sejumlah bahan yang apabila tercampur dengan bahan oli lama menimbulkan sejumlah reaksi kimia dan bisa memunculkan jenis bahan lain dan memiliki dampak oli kurang maksimal pada proses pelumasan Gear serta sejumlah komponen lain di dalam mesin. Efek negatifnya adalah ketika kendaraan dipakai gesekan-gesekan yang ada ada akan menimbulkan mesin terlalu panas dan overheat.

Penulis memiliki saran bagi anda ada yang ingin mengganti oli dengan merk berbeda ada adalah melakukan pembersihan oli lama atau sering disebut dengan istilah flashing. Tekniknya lumayan mudah, hanya saja sedikit mahal. Caranya adalah mengganti oli lama dengan oli baru, lalu menghidupkan mesin kendaraan beberapa saat sampai oli baru bisa mencapai semua bagian mesin.

Selanjutnya, Buanglah oli tersebut, lalu masukkan kembali oli baru. Tujuannya adalah memastikan oli lama di dalam mesin benar-benar bersih guna mengurangi efek negatif bercampurnya oli baru dengan oli lama.

Apabila terkesan terlalu mahal dan cukup berat, anda dapat memakainya lebih dahulu, namun jangan terlalu jauh, lebih baik jarak tempuhnya kurang dari 1000 km. Selanjutnya, anda bisa mengganti lagi olinya.

Dari uraian di atas, sebenarnya tidak ada masalah ketika menggonta ganti merk oli mesin kendaraan asalkan melewati prosedur yang benar. Artinya, Anda harus memastikan ruang mesin benar-benar bersih dari oli yang lama sebelum menggunakan oli baru dengan merek baru. Caranya adalah dengan menguras terlebih dahulu oli lama menggunakan oli baru yang berbeda merek. Terima kasih dan semoga bermanfaat.