Posted in Tips Mobil

Inilah Penyebab Kenapa Suara Knalpot Nembak Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda pernah menjumpai atau bahkan mengalami suara knalpot pada kendaraan meledak ledak atau nembak? Tentunya, Anda akan berusaha untuk mencari penyebab Kenapa suara knalpot nembak. Secara umum, permasalahan suara knalpot yang nembak atau meledak kerap kali terjadi pada kendaraan yang memakai knalpot jenis racing. Jika anda sekarang ini sedang mencari tahu mengenai penyebab knalpot yang nembak, silakan Anda baca terus artikel ini.

Penyebab Suara Knalpot Yang Nembak Atau Meledak

Terdapat cukup banyak hal atau kondisi pada kendaraan yang mengakibatkan suara knalpot nembak. Berikut ini adalah uraiannya.

Settingan Yang Tidak Pas

Kejadian suara knalpot yang nembak rata-rata dialami oleh anda yang baru saja menggunakan knalpot racing dari yang sebelumnya menggunakan knalpot standar. Permasalahan tersebut dikarenakan oleh settingan yang digunakan di kendaraan Anda masih menggunakan settingan untuk knalpot standar, sehingga tidak pas untuk knalpot racing Anda yang baru.

Tidak Rapinya Pemasangan Knalpot

Cukup banyak kriteria tidak rapi pada proses pemasangan knalpot. Salah satunya yaitu pemasangan baut yang kurang kencang sehingga menjadikan gas buang dari kendaraan anda mengalami kebocoran. Akibatnya, knalpot akan mengeluarkan suara letupan atau nembak. Penyebab lain adalah dari knalpot yang sudah berlubang akibat korosi. Lakukan pengecekan secara mendetail pada bagian knalpot untuk mengetahui penyebab pastinya.

Karburator

Terdapat 2 sistem yang digunakan pada kendaraan bermotor, yaitu sistem injeksi dan sistem karburator atau kerap kali dikenal dengan istilah sistem manual. Permasalahan pada knalpot yang yang mengeluarkan suara nembak dapat dikarenakan oleh kerusakan pada bagian karburator, misalnya pada air screw atau baut udara/sekrup udara yang memiliki peranan mengatur jumlah udara yang masuk untuk dicampur dengan bahan bakar.

Busi Yang Sudah Usang

Suara nembak pada knalpot bisa dikarenakan oleh kondisi busi yang yang tidak layak pakai atau sudah usang. Ada kemungkinan, elektroda pada busi sudah kotor atau bahkan tertutupi kerak bekas dari pembakaran. Kondisi ini menjadikan percikkan api yang dipakai pada proses pembakaran menjadi abnormal atau tidak stabil. Akibatnya, knalpot akan terdengar seperti menembak nembak.

Pemakaian Busi Yang Kurang Cocok

Pemilihan busi yang keliru juga kerap kali menjadikan biang kerok dari suara knalpot yang nembak. Penggunaan busi yang tidak cocok akan menjadikan proses pembakaran didalam ruang bakar tidak sempurna.

Apa sajakah contoh pemilihan busi yang tidak cocok? Misalnya kendaraan anda menggunakan busi standart dan anda menggantinya dengan busi untuk kendaraan balap. Inginnya performa kendaraan akan meningkat tajam, tapi kenyataanya justru bermasalah pada suara knalpot.

Pada bebera kendaraan, merk dari busi kadang juga berpengaruh. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan busi dari merk yang sama sehingga bisa dipastikan lebih kompetibel atau pas.

Kurang Sempurnanya Proses Pembakaran

Pada saat proses pembakaran didalam ruang bakar mesin, campuran antara bahan bakar dan udara tidak bisa terbakar secara total, namun hanya sebagian saja. Proses pembakaran seperti itu akan menyebabkan adanya sisa gas yang tidak terbakar. Sisa gas tersebut nantinya akan terbakar kembali pada pembakaran yang kedua. Kondisi tersebut pada dunia otomotif sering disebut dengan istilah after Burn. After Burn itulah yang mengakibatkan ledakan pada knalpot yang menjadikan suara menembak menembak.

Pada dasarnya, cukup sederhana menyimpulkan penyebab mengapa suara knalpot nembak. Kita bisa menelusuri beberapa bagian pada kendaraan yang telah dibahas, kemudian menyimpulkan letak kerusakan dan selanjutnya mencoba untuk memperbaiki nya sendiri. Proses perbaikan dari masalah suara knalpot nembak juga tidak terlalu sulit sehingga Anda bisa menunda untuk pergi ke bengkel. Terima kasih dan semoga bermanfaat.