Posted in Tips Mobil

Ketahui Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Knalpot Pada Kendaraan

Terdapat cukup banyak faktor penyebab suara nembak pada knalpot kendaraan, misalnya settingan yang tidak pas, kurang rapinya pemasangan knalpot, masalah settingan pada karburator, busi yang sudah tidak lagi layak pakai, penggunaan busi yang kurang cocok serta pembakaran yang tidak sempurna.

Dalam berkendara, tentunya kita merasa tidak nyaman dengan permasalahan suara knalpot yang nembak. Penulis juga pernah mengalami kekagetan karena suara knalpot tersebut, bahkan ketika ada kendaraan lain yang knalpot nya mengalami permasalahan nembak tersebut. Bisa dibayangkan jika ada orang latah yang sedang nyetir, lalu dikagetkan dengan suara knalpot nembak, pastinya cukup berbahaya.

Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Knalpot

Dengan melihat beberapa penyebab suara cara nembak pada knalpot, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi atau menghilangkan adanya suara nembak pada knalpot.

Knalpot Bermasalah

Munculnya suara nembak pada knalpot bisa disebabkan oleh beberapa hal terkait dengan knalpot itu sendiri, misalnya knalpot yang sudah lagi tidak layak pakai, terdapat kebocoran atau mungkin proses pemasangan yang tidak sempurna.

Permasalahan Pada Selang Bahan Bakar

Bagian lain yang bisa mengganggu proses pembakaran pada kendaraan yaitu kondisi selang bahan bakar dari arah tangki menuju ke arah mesin. Pastikan kondisinya bagus, tidak mengalami kerusakan atau kebocoran.

Kondisi Filter Udara

Bagian selanjutnya yaitu filter udara. Apabila bagian filter udara mengalami kerusakan, menyebabkan proses pembakaran di ruang bakar menjadi terganggu, sebab proses pembakaran memerlukan suplai udara yang memadai. 

Udara bersih sebelum masuk ke dalam ruang bakar terlebih dahulu akan disaring oleh bagian filter supaya partikel debu bisa berkurang. Partikel debu yang terlalu banyak masuk ke dalam ruang bakar akan menyebabkan gangguan di proses pembakaran. Efek samping dari hal tersebut adalah suara knalpot yang nembak.

Perlu dipahami, filter udara rata-rata harus diganti apabila telah mencapai jarak tempuh 15.000 KM. Oleh sebab itu, apabila filter udara pada kendaraan anda sudah lebih dari angka itu, maka penulis sarankan untuk diganti saja. Namun, apabila filter udara masih dalam kondisi cukup baik atau bahkan dalam kondisi baru, anda hanya perlu membersihkannya saja.

Pada sejumlah tipe kendaraan, terdapat filter udara yang harus diganti, tidak bisa dibersihkan dan dipakai kembali. Berdasarkan hal tersebut, Anda bisa melihat kembali buku panduan mengenai karakteristik filter udara pada kendaraan Anda, apakah bisa dibersihkan atau harus selalu diganti dengan yang baru. Untuk lebih jelasnya, anda juga bisa bertanya langsung pada mekanik bengkel kepercayaan anda.

Pengecekan Karburator

Bagian karburator adalah salah satu bagian yang menyebabkan suara knalpot nembak. Rata-rata permasalahan bersumber pada ada bagian pilot screw atau setelan angin karburator. Anda bisa mencoba untuk menyetel sendiri bagian tersebut. 

Silakan coba setel dan sesuaikan dengan kendaraan anda, rata-rata ada ada di kisaran 2,5 hingga 3 putaran penuh. Apabila anda belum menemukan setelan yang benar-benar pas, anda bisa tetap mencari referensi sendiri. 

Terakhir, jika anda kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan ini, silakan Anda bawa kendaraan ke bengkel terpercaya. Tujuannya supaya benar-benar yakin bahwa setting karburator telah dilakukan dengan benar.

Pengecekan Busi

Komponen lain yang yang perlu dicurigai sebagai biang keladi penyebab suara knalpot nembak adalah busi kendaraan anda. Terlebih apabila busi yang digunakan sudah mencapai jarak tempuh lebih dari 6.000 KM. 

Ukuran busi memang cukup kecil, namun memiliki peranan yang begitu vital di kendaraan. Oleh sebab itu, hilangkan keragu-raguan Anda guna mengganti busi dengan yang baru apabila busi lama sudah tidak layak pakai.

Membawa Ke Bengkel Terpercaya

Apabila beragam cara mengatasi atau menghilangkan suara nembak pada knalpot di kendaraan Anda ada di atas sudah tidak lagi mempan, maka jalan satu-satunya yang bisa Anda coba tempuh adalah membawa kendaraan ke bengkel. Di bengkel, nantinya teknisi akan melakukan pengecekan secara menyeluruh, bahkan bisa menggunakan alat bantu sehingga hasil analisa menjadi lebih valid.

Beragam cara mengatasi atau menghilangkan suara nembak knalpot pada kendaraan yang sudah penulis bahas setidaknya mampu memberikan gambaran umum kepada anda mengenai sejumlah penyebab dari suara knalpot yang nembak, termasuk bagaimana cara mengatasinya. Minimal, jika sumber permasalahan pada suara knalpot nembak tidak terlalu susah untuk diatasi, maka anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa ke bengkel sehingga waktu dan biaya Anda bisa dihemat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.