Posted in Tips Mobil

Lebih Baik Mana Antara Aki Kering Dan Aki Basah? Pahami dulu karakteristiknya

Jika kita ingin membahas mengenai mana yang lebih baik di antara aki kering dan aki basah, maka kita harus memahami terlebih dahulu karakteristik dari keduanya. Aki atau ada yang menyebutnya dengan istilah accu adalah salah satu jenis dari baterai yang rata-rata dipakai menyimpan sekaligus mensuplai daya listrik pada sebuah kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Disebabkan karena masuk ke dalam jenis baterai, maka daya tahan dari aki memiliki batas waktu penggunaan, tergantung kepada perawatan dan pemakaiannya. Sekarang ini, jenis aki atau accu yang cukup banyak dijual di pasaran yaitu jenis aki basah dan aki kering. Pada dasarnya, Kedua jenis aki tersebut sangatlah mirip.

Letak perbedaan antara aki basah dengan aki kering yaitu ada pada bahan yang dipakai untuk merendam sel aki. Pada aki basah memakai cairan atau kerap kali dikenal dengan air aki. Sementara itu, pada aki kering memakai gel untuk merendam sel aki.

Lalu, Apabila ada pertanyaan manakah yang lebih baik di antara aki basah dan aki kering, maka jawabannya tergantung dari pilihan anda. Keduanya tentu sama-sama bagus dan mempunyai kelebihan serta kekurangan. Berdasarkan hal tersebut, penulis akan mencoba menguraikannya pada artikel ini.

Lebih Baik Mana Antara Aki Kering Dan Aki Basah?

Aki Kering

Aki kering tidak memakai cairan elektrolit, akan tetapi memakai gel yang digunakan sebagai pengganti atas cairan guna merendam sel aki. Pada kondisi tersebut, pemakai tentu tidak wajib mengecek kondisi aki kering, sebab gel merupakan bahan yang sulit menguap, berbeda dengan cairan elektrolit. Aki kering tentunya bisa bertahan lebih lama tanpa harus menambah atau mengganti gel.

Pada umumnya, desain dan bentuk body pada aki kering dibuat tidak transparan atau tidak tembus pandang, lebih simple dan dimensi dari aki kering sama dengan aki basah supaya langsung pas dipasang untuk menggantikan aki basah apabila diinginkan. Aki kering kerap kali disebut dengan istilah maintenance free battery, sebab cukup minim perawatan, akan tetapi memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga aki basah.

Aki Basah

Aki basah masuk ke dalam kategori manja perawatan. Mengapa seperti itu? Sebab, aki basah memakai cairan elektrolit yang mana cairan tersebut cukup mudah menguap karena panas yang diakibatkan oleh pemakaian maupun pengaruh suhu sekitar.

Oleh sebab itulah, aki basah memerlukan proses perawatan ekstra dan membutuhkan pengecekan secara rutin di bagian level ketinggian air aki. Jika telat menambahkan air aki sementara air aki sudah banyak berkurang dari batas lower akibat menguap menyebabkan sel aki mengalami korosi.

Apabila dilihat dari bentuk dan dimensi body, aki basah dengan aki kering hampir sama. Namun, pada umumnya air basah dibuat lebih transparan supaya pemakai bisa lebih mudah mengontrol kondisi sel serta level ketinggian air aki. Apakah perlu penambahan air aki atau belum.

Terdapat pula tanda berupa garis untuk batas atas dan batas bawah ketinggian air aki, sehingga lebih mempermudah pemakai Apakah sudah waktunya menambah air aki. Mengenai harga, tentunya aki basah lebih murah dibandingkan dengan aki kering.

Kesimpulan

Jumlah dana yang tersedia adalah salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan pilihan, apakah akan membeli aki kering atau aki basah. Jika dilihat dari kelebihan, apabila dana memungkinkan maka pilihan bisa dijatuhkan pada aki kering. Aki kering akan lebih mudah dirawat, bahkan bisa dibilang tidak ada perawatan. Berbeda jika Anda membeli aki basah yang harus sering mengecek level ketinggian air aki.

Sementara itu, Jika dilihat dari usia pemakaian, Kedua jenis aki tersebut memiliki umur penggunaan yang hampir sama, yaitu antara 1,5 tahun sampai dengan 2 tahun. Perlu diketahui, umur dari aki juga sangat tergantung pada penggunaan aki itu sendiri. Apabila arus listrik yang tersimpan pada aki sering habis, maka umurnya juga akan lebih pendek.

Dari penjabaran di atas, maka bisa dianalisa manakah yang lebih baik antara aki kering dan aki basah. Selanjutnya, anda bisa memutuskan sendiri jenis aki mana yang akan dipilih untuk kendaraan anda. Apakah akan memilih aki dengan minim perawatan namun berharga mahal atau memilih aki berharga lebih murah namun butuh perawatan ekstra. Terima kasih dan semoga bermanfaat.