Posted in Tips Mobil

Pahami Cara Mencegah Karat Pada Knalpot Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Knalpot adalah salah satu bagian pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang memiliki fungsi untuk jalur pembuangan sisa-sisa pembakaran dari ruang bakar mesin. Disamping itu, manfaat lain dari knalpot yaitu untuk mengoptimalkan tenaga yang dihasilkan mesin. 

Karena memiliki peranan yang sangat penting, anda tidak boleh mengabaikan perawatan knalpot. Sebab, perawatan yang asal-asalan pada knalpot bisa mengganggu performa mesin itu sendiri, disamping harga dari knalpot yang cukup mahal jika harus menggantinya dengan baru.

Permasalahan yang kerap kali terjadi di knalpot yaitu munculnya korosi atau karat. Melihat dari pengalaman, cukup banyak kendaraan yang tidak diperhatikan kondisi karat pada bagian knalpot nya. Sementara itu, apabila knalpot tidak dirawat, maka bisa berakibat bocor karena adanya karet tersebut, meskipun dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Mencegah Karat Pada Knalpot

Guna mencegah korosi atau karat pada bagian knalpot baik mobil maupun sepeda motor, terdapat sejumlah tips yang bisa Anda coba terapkan. Mari kita simak bersama.

Membersihkan Baut Atau Celah Yang Sempit

Baut atau celah yang sempit yang terdapat pada knalpot bisa menimbulkan karat, sebab kerap kali terdapat kotoran atau air yang luput ketika kendaraan sedang dicuci atau dibersihkan. Lakukan pengecekan dan pembersihan pada bagian baut atau celah yang sempit tersebut.

Secara Berkala Melakukan Pelumasan

Pelumasan tidak hanya dilakukan pada rantai, namun knalpot juga membutuhkan pelumasan supaya karat tidak muncul. Adapun bagian yang butuh pelumasan yaitu bagian silencer atau muffler. Caranya yaitu dengan menggunakan oli baru (jangan oli bekas), kemudian tuangkan oli tersebut sebanyak 1 sampai 2 sendok ke dalam bagian silencer. Supaya tidak tumpah, anda juga bisa memakai selang kecil sebagai alat bantu.

Jika Knalpot Basah, Keringkan Secepatnya

Anda diharuskan mengeringkan bagian knalpot kendaraan Anda secepat mungkin setelah dilakukan pencucian atau setelah kendaraan Anda habis kehujanan. Teknik ini sangat efektif untuk mencegah munculnya karat atau korosi.

Kurangi Melewati Jalan Becek Atau Berkunjung Ke Pantai

Ketika anda mengendarai kendaraan di tepi pantai, angin yang ada di sekitarnya mengandung kadar garam yang lumayan tinggi. Angin yang mengandung garam tersebut bisa mempercepat munculnya karat atau korosi, tidak hanya pada bagian knalpot, namun pada semua bagian kendaraan.

Langkah tepat yang bisa anda lakukan setelah melewati jalan becek atau berkunjung ke pantai yaitu dengan membersihkan sekaligus mencuci kendaraan menggunakan sabun khusus kendaraan sebersih-bersihnya.

Periksa Dan Bersihkan Bagian Bawah Knalpot

Bagian yang kerap kali tidak mendapat perhatian yaitu bagian bawah knalpot serta bagian pipa pembuangan yang mengarah ke mesin. Pada bagian tersebut kerap kali terdapat kotoran, terlebih jika sering digunakan pada musim penghujan. 

Apabila anda jarang membersihkan bagian tersebut, maka karat atau korosi akan sangat cepat merusak knalpot kendaraan anda. Ketika mencuci, selalu bersihkan bagian tersebut sampai benar-benar bersih, kemudian keringkan.

Setelah Mencuci Kendaraan, Nyalakan Mesin

Menyalakan mesin kendaraan sesaat setelah anda selesai mencuci cukup penting dilakukan. Sebab, Ketika anda mencuci kendaraan, terdapat air serta sabun yang masuk ke dalam knalpot. Apabila air dan sabun tersebut tidak cepat dihilangkan, maka karat atau korosi akan timbul, terlebih jika sabun yang digunakan memiliki sifat basa, korosi akan lebih cepat terjadi.

Sangat disarankan, begitu Anda selesai mencuci kendaraan, silahkan nyalakan mesin sebentar. Bisa pula anda gunakan kendaraan tersebut untuk berkeliling kompleks supaya air yang ada di dalam knalpot benar-benar kering dan hilang.

Mencegah tentu lebih baik dibandingkan dengan mengganti yang baru. Artinya, dengan memahami cara mencegah karat pada knalpot supaya lebih awet dan tahan lama, anda ada bisa melakukan pencegahan munculnya karat atau korosi pada knalpot dengan melakukan beberapa hal diatas. Jangan sampai, knalpot kendaraan Anda terlanjur terkena korosi yang memaksa anda untuk menggantinya dengan yang baru dan tentunya memiliki harga yang tidak murah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.